KARI DI DUNIA || PAKET AQIQAH KLATEN JUWIRING

Kari adalah makanan yang sudah mendunia. Makanan yang disebut berasal dari India ini juga bisa ditemui di belahan bumi manapun, namun tetap mereka memiliki cita rasa yang berbeda.





Negara seperti apa yang kalian bayangkan saat memikirkan kari? India asli? Thailand?

Meskipun ada negara-negara yang terkenal karena kari dan makanannya seperti itu, kalian tahu bahwa ada negara-negara tersembunyi yang telah mengakar sebagai budaya makanan, tetapi juga memainkan peran penting dalam sejarah kari.

Di sini akan dingungkap situasi kari di negara tersebut dan sejarah kari yang terkait dengannya.

Menurut Pergikuliner.com, Kari merupakan nama untuk jenis masakan yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah hingga mempunyai cita rasa yang kuat dan pedas. Tapi, sebelum menjadi salah satu makanan yang sangat digemari di Asia dan Eropa, sebenarnya kari itu berasal dari Asia Selatan, tepatnya India.

Jadi, jika kamu menduga kari itu asalnya dari Jepang, Thailand, apalagi Indonesia berarti kamu salah besar!

Kepopuleran kari kemudian menyebar dari India hingga ke seluruh penjuru dunia dan disesuaikan dengan selera masyakarat sekitar.

Jadi, orang yang terbiasa makan kari Jepang belum tentu menyukai kari negara yang lain. Begitupula dengan kari asal Thailand.

Oleh karena itu, rasa kari akhirnya dikembalikan pada selera masyarakat di masing-masing negara. Dengan demikian, kamu yang menyukai rasa kari ala Jepang, belum tentu cocok dengan cita rasa kari asal India yang terkenal dengan bumbunya yang lebih kuat dan tajam.

Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari memang sangat beragam. Bumbu yang umumnya digunakan antara lain adalah ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh.

Namun, jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung dari jenis kari dan negara asalnya.

Menurut Pergikuliner.com, dalam bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus. Sementara dalam kata kerja karughi dalam bahasa Tamil, kari mengandung arti menggoreng dengan minyak banyak (membakar). Dalam bahasa Kanada pun, kari juga berarti menggoreng atau hidangan gorengan. Dalam sebagian bahasa di India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. Sementara di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosa kata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah.

 

Tapi, ada juga kari di Dunia khas dari negara selain dari negara-negara tersebut di atas. Dan ini rupanya sangat tidak biasa.

1.    Perancis.

Secara histors, kari di Eropa memang berasal dari Inggris, itulah mengapa Perancis juga memiliki khas kari-nya sendiri. Rata-rata orang Perancis tidak suka makanan pedas, tetapi mereka makan kari.

2.    Jerman

Bubuk kari masuk ke Jerman setelah Perang Dunia II. Tepatnya, kari dan nasi tidak terlalu tersebar luas, tetapi ada hidangan kari yang terkenal.

Ini adalah spesialisasi Berlin yang disebut Curry Wurst (sosis kari). Makanan cepat saji ini dibuat dengan menaburkan kecap dan saus tomat dengan bumbu di atas sosis, dan di atasnya diberi bubuk kari yang terbuat dari kunyit dan jintan.

3.    Singapura

Singapura terkenal sebagai negara gastronomi, namun ada juga kari di dalamnya.

Ras utama adalah Tionghoa dari Fujian dan Shioshu, Tamil dari India Selatan yang memiliki banyak Hindu, dan Melayu yang memiliki banyak Muslim, dan ketiga ras ini membentuk budaya makanan Singapura.

Oleh karena itu, ada beragam kari yang bisa disantap, dan perpaduannya menciptakan sajian khas Singapura.

Perwakilannya adalah Kari Kepala Ikan, yang konon dibuat oleh seseorang dari negara bagian Kerala di India Selatan pada tahun 1950-an. Ini adalah kari ikan yang mudah dimakan dengan cabai merah, serai, eshalot, daun kari, kunyit dan rempah-rempah lainnya, bumbu dan gula.

Kari yang kaya rempah itu ternyata juga cocok loh bila diolah dengan daging kambing. Sudah pernah coba rasanya? 

Aqiqah Nurul Hayat, Paket Aqiqah klaten juwiring


PAKET AQIQAH KLATEN JUWIRING

Di Paket Aqiqah Klaten juwiring memang rata-rata pilihan untuk aqiqahnya adalah sate dan gule, tapi kalian bisa request berbagai macam olahan kambing untuk aqiqah selain sate dan gule, termasuk olahan kari di Dunia.

PAKET AQIQAH KLATEN JUWIRING

Harga Paket Aqiqah Klaten juwiring juga beragam, dimulai dari harga 1.750.000 saja sudah bisa melaksanakan aqiqah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan tidak perlu lagi mengolah daging kambingnya.

PAKET AQIQAH KLATEN JUWIRING

Paket Aqiqah Klaten juwiring bisa dilihat di website nya atau langsung datang ke kantor cabang NH Terdekat. Pemesanannya tidak sulit kok, bisa datang ke kantor terdekat atau lewat online.

Paket Aqiqah Klaten juwiring

Aqiqah Nurul Hayat

Ringkas cerita, melihat kari di Dunia yang ternyata sangat beragam, menarik untuk disimak sejarah hubungan antar negara. Menarik juga bahwa setiap negara mengubah satu hidangan yang disebut kari agar sesuai dengan negara masing-masing dan menonjolkan karakteristiknya.

Bagaimana? Mau coba jalan-jalan ke luar negeri dan mencoba mencicipi kari di Dunia? Kalau iya, coba bandingkan kari mana yang lezat dan cocok di lidah kalian.

Jangan bilang kari khas Indonesia, ya? ;)

 

Bagaimana kalau mencoba kari negara itu saat bepergian ke luar negeri?

Comments

Popular posts from this blog

AQIQAH PONOROGO

AQIQAH SUKOREJO KENDAL

Kumpulan Doa Sa’i